Pengurus KAP Papua Pegubin Dikukuhkan, Harapan Baru Bagi Pengusaha Orang Asli Papua

Pengurus KAPP Pegubin berpose bersama Dewan Adat Aplim Apom Sibilki usai Pengkukuhan Pengurus (Foto: Dok Melki/TP)

Setelah sekian lama vakum kurang lebih 14 tahun,  kini pengurus baru KAP Papua Pegunungan Bintang  dikukuhkan secara adat, dan diharapkan mampu mengangkat dan memperjuangkan nasip orang asli Pegubin tahun tahun mendatang.

 

OKSIBIL, TRIBUN PAPUA.ID—Pengurus baru KAP Papua Pegubin di harapkan mampu mengangkat dan memperjuangkan nasip orang asli Pegunungan Bintang,  sebab selama 14 tahun lebih kamar adat pengusaha papua di pegubin manfaatnya belum dirasakan oleh masyarakat pribumi di wilayah Pegunungan Bintang.

Hal itu di tegaskan ketua Adat Aplim –Apom Sibilki Yohanes W. Kakyarmabin, S.IP.,  M.Ap usai mengukuhkan pegurus baru Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Pegunungan Bintang di Gedung Soskat Mabilabol Oksibil, jumat kemarin.

Menurutnya Kamar Adat Papua ini merupakan suatu wadah untuk mengangkat hartak dan martabat  orang Papua asli umumnya dan Pegubin khususnya  dengan demikian kepada pengurus yang baru saya kukuhkan ini supaya dapat bekerja dengan tulus hati tanpa mengejar sesuatu yang hanya untuk memperkaya diri sendri tetapi bekerja demi masyarakat yang ada di wilayah pegubin ini.

Kamar adat merupakan tempat yang sakral bagi sisapapun,  sehingga pada kesembata ini dengan tegas saya meminta kepada pengurus yang baru dikukuhkan untuk jangan menutup diri,  tetapi teruslah membukan diri dan memabngun komunikasi dengan sejumlah komponen yang ada agar kedepan manfaat dari kehadiran KAPP ini dapat di rasahkan oleh masyarakat di wilayah ini,  terutama mama-mama kita yang selalu berada di pinggir jalan dan tadah panas, tadah dingin tadah hujan demi memenuhi kebutuhan keluarganya.

“Saya juga memohon agar dibawah kepemimpinan ketua KAP Papua Pegubin,  Fransiskus Leando Wayam S.IP dan rekan-rekanya yang baru di kukuhkan ini dapat mengibarkan bendera KAPP hingga di pelosok tanah aplim-apom ini”Ucap Sekjend Dewan Adat Aplim Apom SIbilki itu.

Ia juga berpesan, supaya membangun  bekerja sama yang baik dengan pemerintah daerah untuk kemakmuran rakyat di wilayah Pegubin ini.

Semntara itu,  ketua KAP Papua egubin Lendo Wayam, S.ip menuturkan dirinya bersama pengurusnya merupakan anak mudah yang membutuhkan banyak dukungan dari sejumlah pihak terutama dewan Adat Daerah Aplim-Apom serta pemerintah daerah dan sejumlah komponen lain yang ada di dilayah Pegubin untuk memajuhkan KAPP di daerah ini.

“Saya sangat berharap dukungan dan uluran tangan dari semua komponen yang ada untuk mengibarkan bendera Kamar Adat Pengusaha Papua ini hingga di pelosok wilayah Pegubin”tegas Leonando

Dalam kesempatan ini,  saya juga sangat mengaharapkan bantuan dari pemerintah daerah sebab tanpa adanya dukungan dari mereka (pemerintah) kamar adat pengusaha Papua ini tentu tidak akan berjalan dengan baik.

“Saya mohon dukungan dari semua pihak terutama pemrintah daerah dan dewan adat daerah pegubin ini. Kehadiran KAP papua bukan milik saya dan teman-teman tetapi KAP hadir untuk orang Pegunungan Bintang dengan demikian saya berpesan agar bersama kita wujudkan moto Terip,Tibo, Semo, Nirya bagi kedejahteraan rakyat pegubin mendatang, jelasnya.

 

Penulis: Melki P. Uropmabin

Editor    : Fransiskus Kasipmabin

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *