Tes Tertulis 766 Anggota PPD Pada Pilkada 2024,di Pegubin Berjalan Lancar

OKSIBIL,(MP.COM) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) Provinsi Papua Pegunungan menggelar tes tertulis secara Offline bagi calon anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) pada Pilkada 2024.Tes yang berlangsung di Gedung Serba Guna Soskat Mabilabol Oksibil pada Rabu, (07/Mei/2024) ini diikuti oleh 766 peserta yang sebelumnya telah lolos seleksi administrasi.

Pentingnya mengikuti ujian dengan serius dan tetap tenang, mengingat peran penting Pilkada 2024 bagi masa depan daerah”kata Ketua KPU Pegubin Yulius Uopdana,dalam pengarahan singkat Sebelum tes dimulai.

Ketua KPU juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran kegiatan ini. Tes tertulis ini merupakan langkah awal dalam memastikan Pilkada 2024 berlangsung adil, transparan, dan bebas dari pelanggaran hukum”.pungkasnya.

Di tempat itu juga Kordiv Devisi rencana data dan informasi anggota KPU Pegubin, Agustinus Yawalka menjelaskan saat di temui wartawan media ini ,”Peserta tes tertulis ini adalah 766 calon PPD dari 34 Distrik (kecamatan) di Pegubin yang telah lolos seleksi administrasi,” katanya.

Ia menjelaskan pada tes tertulis tersebut para peserta diuji kelayakan kepemiluan, dan wawasan kebangsaan.

“KPU Kabupaten pegubin menyediakan soal tes secara Offline.

Menurut Agus, melalui tes tertulis ini, KPU akan memilih 170 orang calon PPD di Pegunungan Bintang atau 5 orang per distrik. Pengumuman hasil tes tertulis dijadwalkan tanggal 9-10 Mei 2024.

Selanjutnya, kata dia, bagi mereka yang lolos pada seleksi tertulis akan mengikuti tes wawancara pada tanggal 11-13 Mei 2024 sebagai seleksi final. Dari tes wawancara tersebut KPU akan menentukan lima anggota PPD dan lima PPD cadangan untuk tiap-tiap Distrik.

“Selanjutnya PPD akan ditetapkan tanggal 15 Mei 2024 dan dilantik pada 16 Mei 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, seleksi tertulis ini dibagi menjadi dua sesi untuk mengakomodasi jumlah peserta yang cukup banyak serta menjaga kelancaran jalannya ujian. Sesi pertama dimulai pada pukul 11.53 WIT— pukul 13.24 WIT, sementara sesi kedua berlangsung dari pukul 14.08 WIT hingga pukul 16.11WIT. Kegiatan ini berjalan aman dan lancar, tanpa insiden yang mengganggu.

Para pejabat penting KPU dan Bawaslu turut hadir untuk memantau jalannya tes, termasuk anggota Komisioner Kepala Bagian Umum KPU Provinsi Papua Pegunungan,Timotius Tebay ,Kabag Umum,Divisi Rencana Data dan Informasi ; Agustinus Yawalka ,Divisi Teknis Kotan Kalakmabin;dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Pegubin Yanus Tepmul.*(An).

Pos terkait